Tahun baru, tarif pajak baru di Jerman

Kaget dengan tagihan GEZ/Rundfunkbeitrag yang membesar 3 kali lipat. Ternyata di Jerman sejak Januari tahun ini sudah mulai diterapkan cara pembayaran baru untuk pajak siaran tivi dan radio yang lebih dikenal dengan sebutan Rundfunkbeitrag. Setiap wohnung (apartemen, rumah, flat) diharuskan membayar pajak tersebut, tidak terlepas dari berapa jumlah barang elektronik seperti tivi dan radio yang dimiliki.


Di tahun sebelumnya pajak televisi dan radio tersebut dikategorikan menjadi beberapa tingkat pembayaran, tergantung jumlah dan jenis barang elektronik yang kita punya. Kami hanya memiliki radio (di handphone) dan komputer. Jadi ketika itu kami hanya membayar 5,76 per bulan. Untuk yang memiliki televisi dikenakan biaya lebih mahal. Namun, sejak tahun 2013 ini diberlakukan peraturan baru, yakni jumlah tagihan pajak tidak bergantung dengan jumlah dan jenis barang elektronik yang kita punya. Jadi jumlah yang harus dibayar pertiga bulannya untuk satu rumah sekitar 53,94 euro, padahal biasanya kami hanya membayar 17 euro per tiga bulan.

Walah kayaknya di Jerman ini bisa diibaratkan dengan negara pajak. Habisnya banyak sekali pajak yang dituntut, diantaranya pajak penghasilan yang lumayan cukup tinggi. Malah pajak tersebut bisa sampah 40 % dari total penghasilan. woopssie.. tapi tentunya hal ini ada kompensasinya, yakni kesejahteraan, tunjangan  dan bantuan sosial yang lebih baik.

0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Created with flickr badge.

YOUTUBE

Meet The Author

My photo

a simple house wife, a food and plants lover, a blogger, a photography addict.
find out more here: 
youtube channel: youtube.com/user/rustka
food blog: www.dbento.com
traveling blog: rustka.blogspot.de
instagram: @LiaRustka
tweeter: @LiaDamayanti
facebook: Bento Mania