Kastil dalam gua, kastil Predjama


Puas melihat keindahan gua Postojna, kami melanjutkan perjalanan menuju sebuah kastil yang dibangun secara unik dalam gua. Lokasi tidak terlalu jauh, masih di negara kastil Slovenia dan kota yang sama, perjalanan hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit.


Penampakan kastil Predjama, di tebing dan sebagian dibangun dalam gua. Lapangan rumput hijau membentang di pinggir tebing, biasa dipakai untuk acara turnamen di musim panas. orang-orang berpakaian dengan gaya kostum abad pertengahan

Kali ini cuaca tidak terlalu mendukung, hujan gerimis dan angin yang membuat tambah dingin. Tak mau rugi kami tidak berniat masuk ke dalam kastil, karena beberapa bagian dari kastil, terutama bagian gua, ditutup tidak bisa dikunjungi. Tak boleh menggangu waktunya hibernasi kelelawar, si penghuni gua.
Salah satu pintu di tebing bawah kastil

Legenda menceritakan bahwa tempat ini dihuni oleh seorang keturunan bangsawan bernama Erazem yang menjadi baron perampok dalam persembunyiannya. Lokasi strategis kastil dan juga gua yang menyimpan lorong-lorong rahasia, menjadi modal untuk bisa bertahan hidup sekaligus menyerang lawan. Salah satu lorong rahasia tersebut bahkan menghubungkannya dengan gua Postojna. Kisah bak Robinhood ini harus berakhir dengan pengkhianatan salah satu pelayan yang memberitahu lokasi erazem berada dan harus dibayar juga dengan hancurnya sebagian kastil. 



Renovasi dilakukan oleh beberapa generasi pemilik. Hingga pada abad ke 16, struktur bangunan kastil mencapai kondisi yang seperti saat ini.  Setelahnya, kastil ini masih sempat beberapa kali berpindah tangan hingga akhirnya dijadikan museum oleh pemerintah Yugoslavia setelah perang dunia ke 2. 

0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Created with flickr badge.

YOUTUBE