Naik Haji dari Negeri Orang : Pendaftaran dan Biaya

Beda dengan di Indonesia dimana kita harus menunggu sekian lama untuk memperoleh tempat untuk naik haji meski biaya sudah terkumpul, di sini sistem antri seperti itu jarang terjadi. Namun meski demikian, tetap saja, harus giat mencari karena saat ini ada beberapa perubahan yang terjadi dalam sistem naik haji terutama di Jerman.


Beberapa hal yang berbeda diantaranya, saat ini naik haji hanya bisa dilakukan lewat travel agen  yang sudah ditunjuk resmi oleh pemerintah kerajaan Saudi Arab (lihat list nya di link ini). Selain itu pengajuan visa haji dari Jerman hanya bisa dilakukan untuk residen atau pemegang ijin tinggal (visa) tetap atau setidaknya memiliki visa (Jerman/Schengen) yang berlaku tidak kurang dari 6 bulan. Kemudian, visa haji hanya bisa diberikan pada orang yang dalam jangka waktu 5 tahun belum menunaikan ibadah haji. Jadi bagi orang yang sudah menunaikan ibadah haji dan ingin berhaji lagi, ia harus menunggu sekitar 5 tahun lagi supaya bisa memperoleh visa haji.

Sebagai tahap awal mengukuhkan niat, kami coba cari informasi lewat internet maupun tanya-tanya teman yang sudah berhaji mengenai travel agen yang menawarkan program haji. Setelah memperoleh informasi yang jelas kami coba menghubungi satu dua travel agen yang menurut kami cukup menarik. Respon mereka alhamdulillah baik. Setelah beberapa lama kemudian, (hampir 2 bulan) kami coba kembali untuk memberikan keputusan postif kepada agen tersebut. Namun karena kelalaian kami soal waktu, jawabannya ternyata tidak semua memuaskan. Satu travel yang menurut kami menawarkan fasilitas bagus dengan harga yang murah ternyata sudah penuh quotanya. Kami coba hubungi travel kedua, tapi susah sekali menghubungi/mengkontak pengurusnya. Dengar dari sesama teman facebook, ternyata travel itu membatalkan program tersebut karena alasan tertentu. Waah sedih sekali kami tak menyangka ternyata naik haji dari luar negeri pun tak semudah yang dibayangkan, bisa juga habis tempat kalau daftarnya tidak dari awal. Namun kami mencoba pasrah apapun itu semoga yang terbaik untuk kami, kami serahkan semua pada Yang Maha kuasa.

Penawaran program haji sepertinya dimulai sejak 8-10 bulan sebelum bulan Dzulhijah. Dan di luar dugaan ternyata di Jerman sudah banyak peminatnya. Konon katanya jemaah haji dari eropa sudah mulai meningkat. Namun perlu dicatat juga tahun ini proyek pembangunan masih berlanjut di Mekkah sehingga quota untuk setiap negara dikurangi sekitar 20% dari yang semestinya.  Tahun ini ONH pun lumayan melunjak sekitar 500-1000 euro/orang bila dibanding tahun sebelumnya.

Tak putus asa kami pun segera menghubungi biro jasa lain atas saran teman di facebook. Ternyata yang disarankan adalah program dari Forum komunikasi jerman bekerjasama dengan Balcok Travel Agency, yakni salah satu agen yang sudah diakui oleh kementrian haji Arab Saudi. Pendaftarannya sudah melewati batas waktu yang ditentukan, namun Alhamdulillah kali ketiga ini kami masih memperoleh tempat dan insyaAllah berangkat Oktober 2013. Hikmahnya, kami bisa mengikuti program haji ini bersama 35 orang Indonesia lainnya selain itu kami juga akan dipandu dan diberi manasik haji dalam bahasa Indonesia. Alhamdulillah.

Berbeda dengan di Indonesia, program haji panjang dan pendek di Jerman harganya tidak terlalu jauh berbeda, malah bisa dikatakan sama. Selain itu disini tidak terlalu mengantri lama untuk memperoleh kesempatan naik haji. Hanya saja memang travel yang bagus dengan harga murah, biasanya memiliki sedikit quota dan banyak sekali peminatnya hingga harus mendaftar seawal mungkin.

ONH yang dibayarkan meliputi beberapa fasilitas, selain tiket pulang pergi juga termasuk akomodasi, transportasi, paket hadiah peralatan haji, makan pagi dan siang, serta pengurusan visa haji yang dibuat kolektif oleh agen travel.  Biaya qurban biasanya di luar ONH yang ditawarkan agen. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi beberapa formulir disertai surat bukti transfer uang muka. Pelunasan harus dilakukan sesuai tenggat waktu yang ditentukan oleh travel agen. Dalam kasus kami, pelunasan harus dilakukan  3 bulan sebelum waktu keberangakatan.

Setelah kita mentransfer biaya DP, itu berarti kita sudah masuk kuota. InsyaAllah sangat gampang sekali daftar haji di sini tak perlu mendaftar keberbagai instansi seperti di Indonesia, cukup ke agennya langsung.



Artikel induk: Naik Haji dari Negeri Orang


8 comments:

  1. Biaya sampe 5000 euro?

    ReplyDelete
  2. Gimana mbak pengalaman dengan balcok travel? Fasilitas dan pembimbingnya? Sebanding gak dengan harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah pengalaman kami memuaskan, terutama pengalaman di madinah.

      Delete
  3. Ingin bertanya mbak, itu khusus untuk orang-orang Indonesia yang tinggal di Jerman, ya?

    ReplyDelete
  4. hi mba, mau tanya , pengurusan visanya berapa lama ya waktu itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu kami sekitar 2 bulan, pasport diambil dan akan diserahkan kembali ketika di bandara pas ketika keberangkatan, ceritanya di sini : http://rustka.blogspot.de/2013/09/naik-haji-dari-negeri-orang-pengajuan.html

      Delete

 

Flickr Photostream

Created with flickr badge.

YOUTUBE

Meet The Author

My photo

a simple house wife, a food and plants lover, a blogger, a photography addict.
find out more here: 
youtube channel: youtube.com/user/rustka
food blog: www.dbento.com
traveling blog: rustka.blogspot.de
instagram: @LiaRustka
tweeter: @LiaDamayanti
facebook: Bento Mania