Tips anti nyasar pakai aplikasi peta untuk smartphone


Kayaknya terlihat tidak keren kalau saat kita travelling tersasar. Dari pengalaman kami malah bisa mengganggu kenikmatan dalan perjalanan dan bisa-bisa target tempat wisata yang kita kunjungi hari itu kacau balau. Namun apa salahnya jika kita mencari cara untuk meminimalisir kemungkinan tersasar dengan menggunakan teknologi yang sudah ada saat ini. Katanya, saat ini semua bisa ada dalam genggaman tangan.

mobile phone atau handphone atau hape.. apalah sebutannya sekarang sudah bisa memiliki fasilitas macam-macam jika dijejali dengan aplikasi-aplikasi menarik ciptaan orang-orang kreatif.. Tinggal kita memanfaatkannya sebagai users untuk kepentingan seperlunya. Selain itu, telepon genggam memang lebih nyaman dibawa dan praktis. 

Kali ini kami hanya ingin sharring mengenai pengamalan kami selama bepergian menuju daerah pariwisata yang kadang di negara entah berantah. Kami tak punya pengalaman sebelumnya menjelajahi kota tersebut. Apalagi ketika 'tema' jalan-jalan kami on budget travelling atau traveling ala backpacker, yang kayaknya menyewa guide terasa terlalu mewah bagi kami. Untuk itu kami lebih memilih memanfaatkan aplikasi google maps yang gratis. Sekarang ini banyak fungsi yang ditawarkan oleh google maps, namun saya pilih yang mudahnya saja yang biasa kami lakukan. 

Dengan memanfaatkan teknologi ini, alhamdulillah sampai sekarang jalan-jalan bisa terorganisir dengan baik, tanpa ribet. Gimana caranya? yuk kita simak paparan berikut ini.





Sebelum menuju medan tempur

Sepertinya untuk cari informasi saat ini relatif mudah. Layaknya tak ada rahasia jika sudah berada di dunia maya. Biasanya kami sebelum berangkat, cari-cari dulu informasi mengenai tempat yang akan dikunjungi di internet via google, termasuk objek wisata yang menarik juga lokasi penginapan, tempat makan halal, dsb. Setelah tahu apa yang akan kita lakukan di tempat wisata, langsung membuat list sambil membuka google map. Untuk bagian ini menggunakan komputer atau laptop lebih mudah dan lebih cepat ketimbang menggunakan handphone.

  1. Buka google map dan login dengan menggunakan google account yang kita punya. Kalau belum punya dibuat dahulu, prosesnya gampang asal punya alamat email.
  2. Cari lokasi alamat-alamat tujuan yang sudah kita punya di peta. Selain alamat, kita juga bisa cari  menggunakan kata kunci (nama tempat, gedung, square, jalan, halte bis, bandara etc), atau bisa juga dengan menggunakan posisi koordinatnya.
  3. Tandai lokasi tersebut dengan mengklik tanda bintang (ada di sebelah nama tempat tsbt) seperti yang diilustrasikan di gambar.  
  4. Lakukan seterusnya untuk tempat-tempat atau objek wisata lain yg ingin dikunjungi hingga selesai. Dan peta akan terlihat banyak bintang-bintang berwarna kuning.

Bagi saya dengan metode ini cukup sederhana, hemat waktu dan tidak ribet. Ketika browsing, sambil mencari informasi tempat-tempat wisata, kita juga langsung menandai lokasi tersebut.

Kalau rajin bisa juga dibuat peta perjalanan  dengan detail alur serta arah jalan (seperti yang terlampir di video di bawah ini. Tapi biasanya membutuhkan lebih banyak waktu ketimbang hanya mencontreng bintang :)






Mengunduh peta dan menyimpannya di memori telepon

Aplikasi gogole maps bisa di download gratis melalui smartphone atau tablet. Sesaat sebelum berangkat biasanya kami mengunduh dulu peta kota yang akan kita kunjungi. Tentunya kita memerlukan koneksi internet untuk  mendownload peta tersebut sehingga bisa nampak di layar handphone kita. Nah kalau pergi keluar negeri, kita akan masuk ke dalam jejaring roaming. Tentunya biaya telpon akan relatif lebih mahal. Untuk itu bisa diakali dengan mendownload peta tersebut terlebih dahulu dan menyimpannya ke dalam memory handphone. Biasanya kami menggunakan wifi di rumah supaya tambah hemat pulsa handphonenya. Jangan lupa untuk mematikan fasilitas roaming di tempat tujuan supaya pulsa kita tidak tersedot percuma.

  1. Buka aplikasi google maps  di hp dan login dengan menggunakan alamat email yang sama ketika kita menandai peta tadi 
  2. Sorotkan ke negara/kota/lokasi peta yang akan kita download. Tanda bintang (yang sudah kita tandai sebelumnya) akan muncul dengan sendirinya di peta.
  3. tekan tombol Menu dan pilih (make available offline) utk download peta  tersebut hingga bisa tersedia jika offline dan simpan di memori telepon.



Siap menjelajah


Setelah tiba di tempat tujuan, langsung buka contekan peta di handphone sekaligus aktifkan GPS, maka kita bisa menemukan lokasi kita berada yang ditandai oleh panah segitiga biru seperti yang terlihat pada gambar. Panah (segitiga) tersebut menunjukan posisi kita sekaligus arah kita menghadap (utara, timur, barat selatan). Kita tinggal berputar, ke kiri, ke kanan, atau berbalik ke belakang supaya tanda panah itu searah dengan lokasi yang akan kita tuju, yakni yang diberi bintang tadi. Ikuti jalan yang nampak di peta dan cocokan dengan realitas. Kadang ada kesalahan penunjukan lokasi sekitar 5 meter bisa lebih atau kurang tergantung kualitas sinyal. Tapi itu tidak pernah jadi masalah bagi kami, selama kita tahu tujuan dan arah kita (utara, timur, barat selatan).

Selain itu ada juga fasilitas navigasi yang bisa memberikan petunjuk secara langsung ke tempat tujuan. tinggal pilih tombol menu dan klik 'directions'.

Kalau kita terlalu asyik jalan2 dan foto2 sehingga tidak tahu ada dimana, tinggal tekan tanda bulat di pojok kanan atas layar peta (di bawah jam), maka tanda segitiga akan muncul kembali. Kelemahannya, kadang sistem GPS di lokasi tertentu susah diperoleh sehingga sinyal yang memperlihatkan keberadaan kita di peta tersebut tidak muncul. Kalau sudah begini, kita hanya bisa menggunakan fasilitas peta nya saja. Tinggal mencari nama jalan tempat kita berada dan mencocokannya dengan peta. 

Kelemahan berikutnya kalau baterai handphone kita habis, waah itu bisa buat jengkel, makanya barang penting lainnya yang perlu dibawa adalah portable charger. Alternatif untuk keadaan darurat, bisa tetap bawa kompas dan peta hardcopy yang bisa diperoleh ditujuan wisata. kalau memang perlu, bisa dibeli, tapi biasanya turist informasi di kota besar di eropa menyediakan peta gratis untuk wisatawan. Jadi jangan lupa juga untuk memasukan turist informasi ke dalam salah satu tujuan wisata kita karena dari situ kita juga bisa peroleh informasi menarik dan memanfaatkan fasilitas yang mereka punya. Selamat jalan-jalan.

0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Created with flickr badge.

YOUTUBE

Meet The Author

My photo

a simple house wife, a food and plants lover, a blogger, a photography addict.
find out more here: 
youtube channel: youtube.com/user/rustka
food blog: www.dbento.com
traveling blog: rustka.blogspot.de
instagram: @LiaRustka
tweeter: @LiaDamayanti
facebook: Bento Mania