Manfaatkan badai angin di Świnoujście negeri 44 pulau

Hujan deras disertai angin ketika kami melewati kota-kota kecil menuju sebelah barat laut Polandia yang berbatasan dengan Jerman utara. Cuaca liburan kali ini sungguh kurang memuaskan, tapi masih untung tidak sampai banjir seperti yang melanda daerah selatan Jerman, yakni Bayern/Thuringen saat ini.




Tak nafsu kami jalan-jalan dengan cuaca itu. Namun sesampainya di Świnoujście, sebuah kota pelabuhan dan kepulauan dengan julukan negeri 44 pulau, hujan pun berhenti tapi masih disertai angin yang cukup kencang. 

Kota ini terletak di provinsi barat Polandia yang beribu kota di Szszecin (lihat di link ini), terdiri atas beberapa pulau, di pulau terbarat (Usedom) berbatasan dengan negara Jerman. Pulau-pulau tersebut terpisah satu dengan lainnya dengan kanal-kanal dan sungai-sungai alami maupun yang digali/buatan. Nama kota ini jika diartikan berarti mulut Swina, karena merupakan tempat bermuaranya sungai Swina dan menghubungkan laguna Stettin ke lautan Baltic. Di sini juga terdapat kapal-kapal yang menuju Swedia dan Denmark.


Kami mampir di salah satu pesisir pantai yang memiliki pemecah gelombang terpanjang di eropa (klo digabung antara bagian barat dan timur mencapai lebih dari 1400 meter ke lautan). Di sana ada sebuah menara sebagai system navigasi kapal yang berbentuk seperti kincir angin yang di sebut ‘Stawa Mlyny’ (foto-foto bisa di lihat di link ini: Świnoujście/Swinemünde). Kami ingin sekali berjalan di atas barier tersebut, tapi saya sudah ketakutan ketika angin cukup kuat menerpa. Meski sadar ,badan kami tidak ringan tapi nyali ciut duluan takut terbawa angin dan terbang.


Cuaca jelek bagi kami, tapi cuaca bagus untuk mereka yang suka dengan kite surfing. Pantai ini ternyata terkenal sebagai lokasi ideal untuk wind/kite surfing.


Beberapa orang terlihat menghampiri pantai, mereka memakai pakaian kedap air, memompa sesuatu yang seperti layangan kemudian merentangkan tali-tali dan mengaitkan ujungnya ke sabuk yang sudah melingkar di pinggang mereka. Beberapa saat kemudian terbanglah si layangan tadi, menarik badan mereka kesana kemarin, melaju di atas air laut dengan kecepatan tinggi. Benar-benar luar biasa, bagaimana mereka bisa memanfaatkan angin yang menakutkan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Olah raga air yang menggabungkan beberapa aspek seperti gimnastik, paragliding, surfing dan boarding, berikut videonya.


0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Created with flickr badge.

YOUTUBE

Meet The Author

My photo

a simple house wife, a food and plants lover, a blogger, a photography addict.
find out more here: 
youtube channel: youtube.com/user/rustka
food blog: www.dbento.com
traveling blog: rustka.blogspot.de
instagram: @LiaRustka
tweeter: @LiaDamayanti
facebook: Bento Mania