Berkemah di Luxemburg



Bagi beberapa orang mungkin berkemah bukan kegiatan yang menyenangkan. Apalagi ketika dituntut supaya rela meninggalkan pola hidup nyaman yang biasa kita jalani demi belajar mengenal alam, atau bertahan hidup di alam bebas. Banyak nyamuk atau serangga dan binatang yang ganggu. Tidak ada toilet atau kamar mandi tertutup sehingga kadang harus tak mandi demi menghindari mandi di alam terbuka. Belum lagi kaki yang sakit kalau diajak jalan-jalan cukup jauh untuk mencari sumber air minum atau kayu bakar untuk memasak.

Tapi jangan salah,  ternyata ada juga loh cara berkemah yang nyaman. 



Minggu lalu kami diperkenalkan dengan kegiatan camping oleh KP (KPKP) yang menyenangkan. Awalnya saya hendak membatalkan saja acara camping, terutama karena ada janji lain. Namun si uda terlihat ingin sekali bercamping ria. Saking semangatnya dia rela mempersiapkan sendiri semua hal yang menyangkut keperluan camping, dari makanan, pakaian, rencana perjalanan dst.


sungai Sauer yang melewati perkemahan

Akhirnya jadilah kami berangkat camping selama satu malam 2 hari di Ingeldorf, Luxemburg. Luxemburg cukup dekat dengan Aachen dapat ditempuh kurang dr 2 jam dengan menggunakan kendaraan. Menuju kesana kami melewati Belgia dan juga menikmati pemandangan di Luxembourgh utara yang tak kalah menarik, apalagi di daerah pedesaan, menurut kami hampir mirip Swiss! (minus alpen tentunya)

Sesampainya disana kami mampir ke bagian resepsionis untuk mendaftar. Tidak terlalu ribet prosedurnya . kami pun boleh memilih tempat campingnya sesuka hati kami. Di dalam perkemahan sudah berderet mobil-mobil karavan yang sudah dipasangi tenda. Sebagian besar adalah orang-orang tua yang sepertinya sedang menikmati masa-masa pensiun mereka. Mereka hanya duduk-duduk bermalas-malasan di depan tenda-tenda mereka yang tertata rapih. 

dari dalam tenda

Di ujung perkemahan kami temukan KP sudah membangun tendanya. Mereka sedang terlihat memompa perahu kajak yang baru dibelinya. Sesaat kemudian kami pun membangun tenda sendiri di atas rumput hijau. Tenda termungil  diperkemahan itu, diperuntukan 2 orang, pinjaman dari KP. ternyata memasang tenda tersebut cukup gampang tak habis waktu 10 menit tenda pun sudah jadi. Setelah makan siang kami keliling ke kota lain penasaran ingin melihat muara sungai Saure dan bendungannya (lihat fotonya di link ini).



Berbeda dengan pengalaman camping dulu ketika jaman pramuka. Kali ini camping terasa menyenangkan. Apalagi cuaca ketika itu sangat bersahabat. Kami sempat keliling jalan-jalan ke sekitar perkemahan. Bersantai-santai dibawah matahari pagi yang hangat. Bermain kanu di sungai yang tak jauh dari area perkemahan. Selain itu sarana MCK di sana juga sangat bagus dan bersih. Meski letaknya agak sedikit jauh dari tempat camping kami. Air minum juga bisa diperoleh dengan mudah dari keran-keran yang ada di sekitar tenda. Listrik pun jika butuh tinggal meminta ijin di bagian resepsionis. Bahkan di tempat ini masih ada fasilitas wifi gratis hingga masih bisa berhubungan dengan dunia maya. Untuk anak-anak ada taman bermain kecil. 
Aaah.. ternyata camping bisa menyenangkan juga. Untuk foto-foto lainnya biosa dilihat di link ini: Camping Gritt, Ingeldorf

Menjelang malam hari ternyata angin cukup kencang dan udara lebih dingin dari yang kami bayangkan. Si uda hanya mengemas satu selimut tipis bersama satu sleeping bag. Sehingga kami harus berbagi ketika tidur. Malam hari kami jadikan ajang tarik-tarikan selimut.

pemandangan di sekitar perkemahan


0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Created with flickr badge.

YOUTUBE

Meet The Author

My photo

a simple house wife, a food and plants lover, a blogger, a photography addict.
find out more here: 
youtube channel: youtube.com/user/rustka
food blog: www.dbento.com
traveling blog: rustka.blogspot.de
instagram: @LiaRustka
tweeter: @LiaDamayanti
facebook: Bento Mania