Pengalaman aplikasi visa Amerika


Aih ternyata aplikasi visa Amerika tidak sesulit yang kami bayangkan sebelumnya dengan gossip-gosip yang terdengar kurang menyenangkan. Berikut cerita uda untuk aplikasi visa Amerika.


Karena tujuan ke Amerika adalah tugas dari kantor, uda gak mau repot aplikasi visa sendiri. Jadi lewat agen yang sebelumnya juga dah pernah dipakai ketika aplikasi visa ke UK. Prosedurnya kurang lebih sama, hanya untuk yang ke USA ini lebih cepat prosesnya ketimbang yang ke UK. 

Pendaftaran

Proses dengan agen berlangsung dengan mulai mengisi formulir yang disodorkan oleh VISA fix (agen), dan juga mengirimkan beberapa lampiran lewat email, kemudian membayar iurannya dengan transfer langsung ke bank. Biaya untuk aplikasi visa ini meliputi pembayaran aplikasi resmi ke kedutaan Amerika (€128), sekaligus biaya untuk membuat termin wawancara (€15) dan tentunya biaya agen (€119). Setelah mereka mendapat konfirmasi kalau uangnya sudah diterima, mereka akan melakukan semua proses pendaftaran online untuk kita. 

Beberapa hari kemudian kita akan menerima email dari pihak kedutaan yang berisi link account applicant yang dibutuhkan untuk membuat janji temu dengan pihak kedutaan. Kita harus meneruskan email ini ke pihak visafix agar mereka bisa mengatur jadwal wawancara kita. Lalu pihak Visafix akan menelepon kita untuk menanyakan dari dua hari yang tersedia, kapan kita bisa melakukan wawancara. Pada kasus uda, waktu wawancara yang paling cepat adalah 2 minggu setelah telp dari pihak visa fix. 

Setelah waktu wawancara dipastikan, kita akan mendapat email dari pihak kedutaan berisikan konfirmasi jadwal wawancara kita. Konfirmasi ini harus dibawa pada hari wawancara. 2 hari kemudian kita akan mendapatkan dokument2 yang diperlukan untuk wawancara (lihat dibawah) yang dikirmkan oleh visafix. 

Kalau gak dibayarin kantor kayaknya ogah banget yah bayar ke agen. Tugas agen tersebut hanya memindahkan data-data yang kita isi sendiri di formulir data diri dari agen tersebut ke formulir asli konsuler USA secara online dan membuat daftar dokumen2 yang perlu dibawa, sebenernya hal tersebut bisa juga kita cari dan lakukan sendiri di situs konjen resmi. 

Untuk setiap tujuan kunjungan tentunya dokumen yang diperlukan berbeda-beda. Untuk kegiatan workshop atau konferensi seperti yang si uda akan lakukan dianggap sebagai kegiatan bisnis. Berikut ini beberapa dokumen yang harus dibawa ketika wawancara:

  • Passport 
  • Visa Jerman/Schengen, residence permit yang sudah berupa electronic (eAT) untuk kami WNI yang tinggal di eropa di bawa juga ketika wawancara 
  • Bukti pengisian formulir DS-160 (kalau aplikasi secara online, bukti ini akan didapat diakhir pengisian formulir) 
  • Pas foto berwarna dan berlatar belakang putih ukuran 5x5cm (kalau berhasil mengupload foto ketika daftar online hanya butuh satu buah, tapi kalau gak berhasil upload foto secara online bawa 2 lembar) 
  • Surat konfirmasi termin wawancara 
  • Bukti pembayaran aplikasi visa 
  • Surat nikah kalau bareng sama pasangan/akte kelahiran untuk anak
  • Amplop DHL express (untuk konjen di Frankfurt) yang sudah dibayar biaya pengirimannya dan sudah ditulis alamat sendiri (untuk pengiriman balik passportnya). 


Dokumen tambahan yang diperlukan selain syarat utama di atas: 

  • Surat keterangan tentang status pekerjaan/dari perusahaan tempat bekerja (untuk yang bertujuan bisnis). Surat keterangan ini harus berisikan keterangan bahwa yang bersangkutan bekerja dengan menyebutkan jangka waktu lama bekerja, berapa gaji, jenis tanggung jawab, dan pernyataan bahwa perusahaan tersebut akan menanggung segala biaya selama di USA. 
  • Bukti keuangan seperti uang keluar masuk rekening di Bank selama sekurang2nya 2 bulan (print out buku tabungan). 
  • Daftar itinerary, atau rencana kunjungan di Amerika. 
  • Kartu asuransi kesehatan, kartu pensiun, asuransi kesehatan untuk diluar negeri (travel insurance). 
  • Kalau mengunjungi saudara maka informasi biodata saudara juga dilampirkan 
  • Kalau statusnya ibu rumah tangga wajib menyertakan keuangan dan bukti pekerjaan suami 
  • Curiculum vitae, Sebenernya gak disebutkan di daftar dokumen yang harus dibawa tapi ketika wawancara ditanya. 


Yang paling enak dari aplikasi visa USA adalah tidak mengharuskan kita untuk menunjukan bookingan tiket pesawat dan hotel, malah mereka tidak merekomendasikan kita untuk membelinya terlebih dahulu. Jadi tidak takut rugi bandar semisalnya gak jadi berangkat. Selain itu visa yang kita peroleh berlaku sekitar 5 tahun. 


Wawancara 

Sebelum datang ke konjen terdekat diharuskan membuat termin janji dengan pihak konjen. Karena kami tinggal di Aachen, maka konjen USA terdekat adalah di Frankfurt am Main. Untuk membuat janji saja sudah dikenakan biaya sekitar 15 euro. Katanya sih bayar segitu demi kenyamanan kita bersama. Mungkin fasilitas parkir gratis di dekat konjen Frankfurt merupakan salah satu kenyamanan yang kita beli dari biaya tersebut...

Pada hari wawancara, diusahakan datang seawal mungkin paling lambat 15 menit sebelum waktu termin. Di situ uda harus melewati beberapa tahap pemeriksaan. Pertama adalah security check. Jangan pakai benda-benda yang membuat detector menjerit-jerit. Jangan juga membawa handphone karena hp gak diperbolehkan ikut masuk. Juga jangan membawa teman/orang yang gak bersangkutan karena pasti di suruh nunggu di luar. Yang boleh masuk hanya orang-orang yang sudah membuat janji dengan pihak konjen dan namanya sudah terregistrasi. 

Pemeriksaan berikutnya adalah pemeriksaan dokumen. Beberapa orang penjaga dengan ramahnya memeriksa kelengkapan dokumen yang harus diperlihatkan nanti ketika wawancara. Setelah itu barulah wawancara dengan pihak konsulernya yang waktu itu dilakukan dengan suasana yang cukup santai. Pertanyaannya pun tidak terlalu memakan banyak waktu dan cukup mendasar, tentang identitas kita dan tujuan kunjungan serta pekerjaan yang sedang kita tekuni saat ini. 

Kesan jelek dengan pihak kedutaan ternyata tidak berlaku untuk si uda. Katanya semua orang disana sangat ramah-ramah dan membantu sekali. 

Sekitar 3 hari menunggu, passport yang sudah ditempeli visa USA berumur 5 tahun itu akhirnya diterima lewat pos. Padahal di situs kedutaannya disebutkan bahwa proses biasanya berlangsung sekitar 7-10 hari kerja. Senangnya… tinggal nunggu waktu keberangkatan dan selamat terbaaaang.




0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Created with flickr badge.

YOUTUBE

Meet The Author

My photo

a simple house wife, a food and plants lover, a blogger, a photography addict.
find out more here: 
youtube channel: youtube.com/user/rustka
food blog: www.dbento.com
traveling blog: rustka.blogspot.de
instagram: @LiaRustka
tweeter: @LiaDamayanti
facebook: Bento Mania