Kunjungan pertama ke Paris, menara eifel

the famous eifel tower in Paris
Belum puas melihat menara eifel di MINI EUROPE, kami pergi menuju Paris untuk melihat aslinya.

Berangkat ke Paris seperti metamorphosis bagi Saya. Saya besar dan lahir di Indonesia, tinggal di sebuah desa bernama kampung Paris, setelah pindah ke Bonn tinggal di Pariser strasse (jalan Paris), dan sekarang akhirnya bisa liburan di Paris yang 'asli'. Tepat setelah ujian kuliah pertama selesai... kami berangkat dari Aachen bersama family Sukmayadi menuju ke Paris.

view from eifel tower
Kami menggunakan kereta cepat Thalys (punyanya Perancis) yang kebetulan sedang menawarkan harga special, cocok untuk kantong mahasiswa kami. Sekitar 4 jam perjalanan de ngan kereta. Setibanya di Paris kami mulai berpetualang di subway yang tak beda dengan labirin, bisa buat orang pusing bagi yang pertama kali datang. Selain itu kadang tidak ada tangga berjalan atau lift yang di bebrapa stasiun, mengharuskan kami berjalan kaki menaiki tangga. Cukup kasihan ketika melihat beberapa orang yang membawa troley anak, atau pun koper besar, mereka harus menggotongnya naik tangga.

Kami memutuskan naik metro, yakni sebutan lain untuk kereta bawah tanah, sebagai alat transportasi selama di sana karena harganya yang lumayan menguntungkan. Namun ternyata untuk menggunakan ini, harus butuh ketrampilan membaca peta dan kejelian melihat petunjuk yang tertera disetiap lorong.

telescope at eifel tower
Setelah beristirahat di sebuah penginapan, pagi hari sekali kami menuju menara eifel untuk menghindari antrian panjang. Kami berniat naik ke atas menara tersebut. Eh, ternyata, eh ternyata... antrian menuju menara eifel sudah terbentuk. Ada beberapa antrian terlihat sesuai dengan jenis alat yang ingin kita pilih untuk naik ke atas menara, yakni dengan menggunakan tangga atau lift. Sayangnya beberapa lift pada saat itu rusak hingga bebrapa lantai paling atas tidak bisa kita lalui. Tapi kami cukup puas bisa melihat kota paris 360 derajat dari menara eifel. Apalagi cuaca saat itu sangat bersahabat, cerah berawan dan suhu yang moderat.

trocadero from eifel tower
small island (alle de cygnes) at Seine river
a park near the eifel tower

eifel from a distance
Pada malam hari, kami sengaja keluar hotel untuk sekedar  melihat pemandangan eifel ketika malam hari yang disinari dengan lampu-lampu. Selain menara eifel, kami juga melongok ke beberapa tempat yang tak kalah indahnya.

Flickr Photostream

Created with flickr badge.